Andien : Karya Seni Anak Berkebutuhan Khusus Menakjubkan

Andien : Karya Seni Anak Berkebutuhan Khusus Menakjubkan

96
SHARE
Andien

Majalahayah.com, Jakarta – Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) selalu mempunyai prespektif yang berbeda-beda penuh warna. Banyak orang tua terlebih masyarakat mengeluhkan sikap dan sifat ABK yang dianggap tak lazim atau sering di cap aneh terparahnya dengan stigma “orang gila”. Namun hal ini tak berlaku dengan Andien Aisyah Hariadi sebagai penyanyi jazz di Indonesia.

Saat ditemui di Dia.lo.gue Artspace, Kemang Jakarta Selatan, Andien yang berkolaborasi dengan Art Therapy Center (ATC) Widyatama yang merupakan lembaga pendidikan kesenian di Bandung, bertugas mendidik ABK menggunakan ilmu seni sebagai metode terapi, telah menyepakati akan diselenggarakan pameran warna-warna dalam prespektif anak berkebutuhan khusus pada tanggal 29 Agustus – 9 September 2018.

Baca juga :   DPR: Investasi Dana Haji Langgar Syariah

“Awalnya aku bikin lagu warna-warna itu terinspirasi dengan lagu anak-anak yang pelangi-pelangi. Dulu kan taunya yang berwarna-warna itu hanya pelangi, namun seiring bertambahnya usia, pasti mengalami proses dan banyak pengalaman, sehingga warna-warna tidak lagi terjadi dipelangi namun diseluruh dunia ini adalah pelangi, seperti salah satunya anak berkebutuhan khusus,” papar Andien (28/08/2018).

Berlatarbelakang takjub dengan karya anak-anak berkebutuhan khusus yang dibimbing ATC Widyatama, Andien menilai bahwa karya tersebut ialah warna-warna mereka yang memiliki perspektif yang berbeda-beda.

“Saat saya diundang ke tempat Widyatama itu saya takjub banget ya, karyanya itu yang kalo dilihat orang pasti galazim, tapi saya engga. Saya berpikir kalau ini seperti karya orang luar negeri yang mempunyai keterbatasan namun bisa sukses,” tambahnya.

Baca juga :   Tercatat 128 Negara Menolak Putusan Trump dalam Resolusi PBB

Menurut Andien, Agent of Change dalam kehidupan ABK adalah kita yang masih dianugrahi kesempurnaan oleh tuhan, oleh karena itu, pameran warna-warna kali ini bertujuan agar masyarakat sadar dan berhenti membullying ABK.

“Aku berharap dengan adanya pameran ini masyarakat bisa melibatkan ABK dalam keseharian terlebih dalam diberi kesempatan untuk bekerja,” tuturnya.

Karya-karya ACT Widyatama kedepannya akan dimanfaatkan oleh Andien untuk dibuat produk-produk dengan brand seperti kartu nama, kartu ucapan sehingga harapan terbesar mampu meningkatan perekonomian di Indonesia.

Tak hanya Andien, pihak bukalapak dan lenovo pun turut berpartisipasi untuk mempromosikan karya-karya hasil ABK.