Anak Korban Kekerasan, KPAI : 70% kecenderungan Berubah Jadi Pelaku

Anak Korban Kekerasan, KPAI : 70% kecenderungan Berubah Jadi Pelaku

180
0
SHARE
Kekerasan Anak

Majalahayah.com, Jakarta – Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) memaparkan bahwa anak sebagai korban kekerasan berpeluang untuk menjadi pelaku kekerasan. Seperti yang dipaparkan oleh Susanto selaku Ketua KPAI menyatakan bahwa hasil dari sejumlah research setidaknya hampir 70 persen korban itu memang punya kecenderungan menjadi pelaku meskipun tidak semuanya.

“Oleh karena itu, KPAI konsen dan sangat berkepentingan rehabilitasi bukan hanya kepada korban tapi juga kepada pelaku,” Papar Susanto di Kantor KPAI, Jakarta Pusat (19/03/2018).

Menurut Susanto hal tersebut dinilai sangat ideal, bahwa pelaku tindak kejahatan baik sodomi ataupun kejahatan seksual lain harusnya mendapatkan rehabilitasi secara tuntas, baik anak maupun orang dewasa. Karena dalam sejumlah kasus biasanya orang dewasa melakukan aksi, lalu pidana, keluar dari lapas lalu melakukan lagi.

Oleh karena itu Susanto menilai hukuman pidana bukan solusi terbaik buat kasus kekerasan seksual.

“Pidana hanya salah satu pilar untuk perubahan perilaku masyatakat tapi bukan satu-satunya solusi karena memang masih membutuhkan cara yang lain,” Tambahnya.

Diakhir perkataan, Susanto mengatakan harus butuh terobosan agar pencegahan kejahatan terhadap anak benar-benar bisa diminimalisasi.

“Jika perlu pelaku tindak kejahatan seksual terhadap anak ini pajaknya dinaikkan setinggi mungkin. Seperti pajak motor, rumah, dan mobil gitu jadi dinaikkan katakanlah tambah 1/3 dari pajak yang ada ini bisa jadi juga mereka akan mikir gitu orang untuk melakukan kejahatan yang sama,” tukasnya.

LEAVE A REPLY