Akan Diperiksa Bareskrim, Joshua Suherman Terancam Tiga Pasal

Akan Diperiksa Bareskrim, Joshua Suherman Terancam Tiga Pasal

78
SHARE

Majalahayah.com, Jakarta – Mantan penyanyi cilik, Joshua Suherman pada hari ini dilaporkan oleh Forum Umat Islam Bersatu (FUIB) ke Bareskrim Polri. Ia dianggap telah menghina agama Islam lewat lawakannya.

Setidaknya ada tiga pasal yang menjerat Joshua. Yakni Pasal 27 ayat 3 tentang pencemaran nama baik, Pasal 28 ayat 2 tentang SARA dan Pasal 156 A tentang penistaan agama Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

“Harapan kita adalah Bareskrim dapat segera merespon dan memproses sesuai hukum yang berlaku. Jadi kita benar-benar berharap keadilan ditegakkan,” ujar Kuasa Hukum FUIB,┬áDedi Suhardadi di Bareskrim Polri, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (9/1/2018).

Baca juga :   Politisi Swedia: Muslim 'Tidak Sepenuhnya Manusiawi'

Sementara itu, Rahmat Himran selaku pelapor yang juga Ketua Umum FUIB menyesalkan sikap Joshua yang tidak kunjung menyampaikan permohonan maaf sebelum pihaknya melayangkan laporan.

Ia menjelaskan telah menyebarkan keterangan tertulis terkait rencana pelaporan pada Minggu (7/1) dengan harapan Joshua akan membangun komunikasi pada Senin (8/1).

“Akan tetapi sampai saat ini Joshua tidak menghubungi pihak kami untuk meminta maaf atau mengklarifikasi hal ini. Makanya kami bertekad pada hari ini (melapor),” sebutnya.

Baca juga :   KPK Kembali Batal Temui Pansus Angket, Ini Alasannya

Sebagaimana diketahui beredar video Youtube yang memperlihatkan Joshua tengah melakukan stand up comedy dalam sebuah acara. Ia kemudian dikecam lantaran menyinggung soal Islam sebagai mayoritas dengan nada tendensius.