Akademisi UI Harap Partai Baru Terlebih Dulu Berkompetisi di Daerah

Akademisi UI Harap Partai Baru Terlebih Dulu Berkompetisi di Daerah

190
0
SHARE
Akademisi FISIP UI, Sri Budi Eko Wardani
Foto : Akademisi FISIP UI, Sri Budi Eko Wardani. (Majalahayah.com/KS)

Majalahayah.com, Jakarta – Akademisi FISIP UI, Sri Budi Eko Wardani menyatakan supaya partai politik baru seharusnya lebih dulu melewati tahapan daerah. Baginya tahapan ini untuk memberikan kesempatan bagi partai baru tersebut dalam pengabdian kepada masyarakat.

“Kami inginkan penguatan parpol dengan cara parpol punya kesempatan lakukan kerja-kerja dulu di masyrakat,” kata Sri di Rumah Kebangsaan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (12/5/2017).

“Misalnya parpol baru tetap dibuka tapi dia tingkatkan di daerah dulu, tidak bisa langsung ke tingkat DPR RI tapi harus DPD Provinsi Kabupaten Kota dulu,┬ásetelah dia buktikan dia berhasil peroleh 50 persen, baru di pemilu berikutnya dia punya tiket langsung ke DPR,” jelasnya.

Tapi dirinya tidak menutup mata bahwa proses pemilu di Indonesia mengharuskan sebuah partai mempunyai modal besar. Selain itu beberapa partai sendiri terkadang hanya dibutuhkan untuk memperkuat koalisi saat menjelang pencalonan presiden.

“Selama ini yang bisa mempunyai partai politik hanya yang punya modal besar. Syarat menjadi partai politik harus mempunyai 100% wilayah Indonesia. Ini tentu saja membutuhkan modal besar. Selain itu juga perlu memperluas partisipasi. Partai baru menjadi rekan koalisi,” ungkapnya.

LEAVE A REPLY