Majalahayah.com, Jakarta – Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Demokrat Irwan menyebutkan bahwa Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mendapatkan dukungan suara 90 persen dari Dewan Pimpinan Daerah (DPD), dan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) untuk menjadi ketua umum Demokrat.

“Sementara baru AHY yang mendaftar dengan dukungan di atas 90%. Syarat minimum mendaftar 35% dukungan pemegang hak suara,” ucap Irwan di sela Kongres V Partai Demokrat, di Jakarta, Minggu (15/3/2020).

Sementara itu menurut Wakil Sekjen Partai Demokrat Rachland Nashidik, dengan mayoritas suara yang diterima AHY, maka tak menutup kemungkinan sidang paripurna kongres akan memutuskan AHY sebagai ketua umum secara aklamasi.

“Jika dukungan mencapai 70 persen, maka sidang paripurna akan mengambil keputusan dengan aklamasi,” katanya.

Diketahui, tidak seperti gelaran kongres-kongres sebelumnya, di tahun ini, Partai Demokrat hanya memakai satu hari saja untuk melaksanakan forum lima tahunan itu.

Kongres V Partai Demokrat juga menjadi momen pidato politik terakhir Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) selaku Ketua Umum Partai Demokrat.

SBY dikabarkan sudah mempersiapkan naskah pidato terakhirnya dan akan menyampaikan bahwa ia akan selalu ada untuk partai berlambang mercy tersebut.