Majalahayah.com, Jakarta – Tidak mengajarkan pacaran. Dalam ajaran Islam yang dibenarkan adalah menikah. Inilah perbuatan yang halal dan baik dilakukan.

Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman:

وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنٰىٓ اِنَّهٗ كَانَ فَاحِشَةً ۗوَسَاۤءَ سَبِيْلً

Artinya: “Dan janganlah kamu mendekati zina, sungguh itu perbuatan keji, dan suatu jalan yang buruk.” (QS Al Isra (17): 32

KH Abdullah Gymnastiar atau akrab disapa Aa Gym menjelaskan bahwa menjadi jomblo atau tidak punya pacar bukan hal yang memalukan atau menyedihkan. Justru itu sebuah karunia dari Allah Subhanahu wa ta’ala kepada hamba-Nya.

“Berbahagialah bagi saudara yang tidak punya pacar, sebab itu merupakan pertolongan dan perlindungan Allah Ta’ala. Seharusnya tidak punya pacar itulah karunia, walaupun namanya kurang bagus, jomblo. Jika punya pacar akan boros waktu, pikiran, pulsa, biaya, dan dosa,” ungkap Aa Gym, dikutip dari bukunya ‘Ikhtiar Meraih Ridha Allah’, Rabu (15/7/2020).

Ia menerangkan, tidak perlu pacaran atau bahkan sekecil-kecilnya jatuh hati, karena bisa jadi orang yang disukai atau cintai bukan jodoh di masa depan. Bisa jadi orang yang disukai adalah jodoh sahabat karib sendiri.

Jadi, berhati-hatilah untuk tetap menjaga dan menekan perasaan agar tidak suka kepada seseorang. Itulah bagaimana jika ingin hidup bahagia.

“Cukup Allah Subhanahu wa ta’ala yang ada di hati kita, dan tempatkan yang lain sesuai dengan porsinya masing-masing. Pasrahkanlah semuanya kepada Allah Ta’ala,” paparnya.