Pesepak Bola Thailand melakukan sesi foto sebelum pertandingan. FOTO/the-afc.com

Majalahayah.com, Jakarta – Sepakbola adalah olahraga nomor 1 yang paling di gemari di seluruh belahan dunia, maka wajar jika pertandingan sepakbola baik domestik atau internasional selalu di tunggu-tunggu oleh para pengemarnya di seluruh belahan dunia terlebih lagi pertandingan Piala Dunia yang hanya di adakan 4 tahun sekali.

Bagi para pecinta sepakbola pastinya kamu wajib mengetahui beberapa fakta tentang dunia sepakbola. Kali ini majalahayah telah merangkum 6 fakta dunia sepakbola yang mungkin belum kamu ketahui :

  1. Sepak bola dimainkan pertama kali pada tanggal 19 Desember 1863, di Mortlake (London, Inggris).

Pertandingan sepakbola resmi pertama ini dimainkan oleh Barnes FC melawan tuan rumah Richmond FC di Limes Field, London (Inggris) menggunakan Undang-Undang Sepak bola FA dengan hasil imbang tanpa gol (0-0).

Sebelumnya, pertandingan yang tidak resmi biasanya menggunakan aturan Cambridge dimana pemain diijinkan untuk menggunakan tangan mereka untuk mencegah berlari dengan bola. Juga aturan Sheffield yang mengijinkan pemain menekan atau memukul bola dengan tangan mereka asal tidak dibawa dengan tangan mereka dan masing-masing klub diberi kebebasan menerapkan peraturan mereka sendiri.

2. FIFA Akui Sepak Bola Pertama Kali Dimainkan di China

Menurut FIFA, permainan serupa telah dimainkan terlebih dahulu di China dengan istilah Cùjū yang memiliki arti, bola tendangan dengan peraturan serupa, dimana diperbolehkan menendang bola menggunakan bagian tubuh manapun kecuali tangan. Meski sangat mirip, namun Cùjū lebih sering disamakan dengan permainan rugby. Permainan Cùjū sendiri distandarisasi dan peraturannya ditetapkan selama dinasti Han (206 SM-220 SM).

Lebih tua dari sepak bola yang di Inggris, nih.

3. Istilah football (sepak bola) digunakan di seluruh dunia, kecuali di Amerika Serikat dan Kanada yang menggunakan istilah soccer.

Karena di Amerika Serikat dan Kanada, football berarti permainan bola tangan yang biasanya dimainkan oleh para pria yang bertubuh besar dan telah ditampilkan dalam beragam judul film Holywood, di antaranya “The Blind Side”, “Invicible”, dan “Concussion”.

4. Kompetisi sepak bola tertua di dunia adalah Piala FA yang didirikan oleh C.W. Alcock, tahun 1872.

Ketika pertama kali digelar pada musim 1871-1872, kompetisi ini hanya diikuti oleh 17 klub. Wanderers, klub yang didirikan oleh orang-orang sekolah negeri dan diperkuat pemain-pemain universitas, menjadi juara untuk pertama kalinya. Di final, mereka mengalahkan Kennington Oval, 1-0. Pada pertandingan yang disaksikan sekitar 2.000 orang itu, gol kemenangan Wanderers dicetak Morton Betts.

Piala yang diangkat Betts dan kawan-kawan bentuknya jauh lebih kecil daripada yang sekarang. Piala itu dirancang dan dibuat oleh Messrs, Martin and Hall Co, dan berharga intrinsik hanya 20 poundsterling.

Tahun 1895, ketika Aston Villa menjuarai kompetisi ini, trofi ini hilang saat dipajang di sebuah tempat di Birmingham. Hingga sekarang, piala asli tersebut tak pernah ditemukan kembali.

5. Uruguay menjadi negara pertama yang menjadi tuan rumah Piala Dunia sekaligus negara pertama yang menjuarai kompetisi ini

Piala Dunia FIFA 1930 adalah Piala Dunia FIFA pertama, kejuaraan dunia untuk tim sepak bola nasional pria. Kejuaraan ini berlangsung di Uruguay dari 13 sampai 30 Juli 1930. FIFA memilih Uruguay sebagai tuan rumah, sebagai negara yang merayakan seratus tahun konstitusi pertama pada saat itu, dan Tim nasional sepak bola Uruguay telah berhasil mempertahankan gelar sepak bola mereka di Olimpiade Musim Panas 1928. Semua pertandingan dimainkan di ibukota Uruguay, Montevideo, sebagian besar di Estadio Centenario, yang dibangun untuk turnamen.

Tiga belas tim (tujuh dari Amerika Selatan, empat dari Eropa, dan dua dari Amerika Utara) ikut serta dalam turnamen. Beberapa tim Eropa memilih untuk tidak berpartisipasi karena sulitnya perjalanan ke Amerika Selatan. Tim dibagi menjadi empat grup, dengan pemenang dari masing-masing grup maju ke semifinal. Dua pertandingan Piala Dunia pertama terjadi secara bersamaan, dan dimenangkan oleh Perancis dan Amerika Serikat, yang mengalahkan Meksiko 4–1 dan Belgia 3–0. Lucien Laurent asal Perancis mencetak gol pertama dalam sejarah Piala Dunia, sementara kiper Amerika Jimmy Douglas mencatat “clean sheet” resmi pertama di turnamen.

Argentina, Uruguay, Amerika Serikat dan Yugoslavia memenangkan grup masing-masing untuk lolos ke semi final. Di final, tuan rumah dan pra-turnamen favorit saat Uruguay mengalahkan Argentina 4-2 di depan kerumunan 93.000 orang, dan menjadi negara pertama yang memenangkan Piala Dunia.

6. Indonesia menjadi negara asia pertama yang masuk Piala Dunia

Piala Dunia FIFA 1938 adalah Piala Dunia FIFA ketiga, yang diselenggarakan di Perancis, dari 4 Juni hingga 19 Juni 1938. Italia menjadi juara untuk kedua kalinya secara berturut, setelah mengalahkan Hongaria pada pertandingan final dengan skor 4–2. Pencetak gol terbanyak adalah pemain Brasil, Leônidas dengan 7 gol.

Pada Piala Dunia ini, untuk pertama kalinya juara bertahan, Italia lolos ke Piala Dunia secara langsung tanpa kualifikasi bersama Perancis yang merupakan tuan rumah. 37 negara berpartisipasi dalam kualifikasi. Setelah kualifikasi 16 tim lolos ke putaran final Piala Dunia.

Austria tidak mengikuti Piala Dunia ini karena Anschluss pada Maret 1938, sehingga tim yang berpartisipasi menjadi 15, dan Swedia langsung melaju ke babak perempat final secara otomatis. Sementara itu, Indonesia yang saat itu dikenal sebagai “Hindia Belanda” dan mewakili Federasi Sepak Bola Hindia Belanda, melaksanakan debutnya di Piala Dunia pada edisi ini akibat pengunduran diri Jepang dalam kualifikasi. Dengan itu, Indonesia (Hindia Belanda) menjadi negara Asia pertama yang ikut Piala Dunia. Pada putaran pertama (babak 16 besar), Indonesia takluk pada Hongaria (yang kemudian menjadi runner-up Piala Dunia), dengan skor 6 – 0.