Majalahayah.com, Jakarta – Bau mulut sering menjadi masalah utama saat menjalani ibadah puasa. Penyebab utama dari bau mulut sendiri dikarenakan mulut mengalami kekeringan karena tidak adanya makanan dan minuman yang kita konsumsi seharian. Di dalam mulut terdapat bakteri gram negatif dengan jumlah yang banyak. 

Tentunya masalah bau mulut sangat mempengaruhi rasa percaya diri yang kita miliki, terutama saat berkomunikasi dengan orang lain. Tenang, berikut lima cara yang dapat kalian lakukan untuk mencegah bau mulut saat berpuasa yang di rangkum oleh Majalah Ayah. 

1. Banyak minum air putih

Saat puasa seringkali kita melupakan kebiasaan minum air putih delapan gelas tiap hari. Padahal air sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Minum air putih yang banyak selain mencegah dehidrasi juga membantu mengurangi bau mulut saat berpuasa. Dikarenakan dengan minum banyak air putih dapat mencegah keringnya mulut.

2. Menggosok gigi dan lidah

Salah satu cara mencegah bau mulut dengan membersihkan lidah. Hal ini dikarenakan lidah dapat menyimpan bakteri penyebab bau mulut. Kalian bisa membersihkan lidah dengan alat khusus atau biasanya dibagian belakang sikat gigi yang memang tersedia pembersih lidahnya. Untuk hasil yang terbaik kalian dapat menyikat lidah setelah sahur dan sebelum tidur. 

3. Tidak sahur dengan makanan berbau tajam

Makanan-makanan berbau tajam seperti jengkol dan durian dapat memperparah bau mulut saat berpuasa. Sebaiknya kalian menghindari memakan makanan berbau tajam saat sahur, dan menggantinya dengan mengonsumsi makanan buah dan sayur.

4. Kumur dengan minyak kelapa alami

Berkumur dengan minyak kelapa alami memiliki beberapa manfaat seperti menghilangkan bakteri penyebab gigi berlubang, mencegah gigi rusak atau busuk mencegah terbentuknya tartar, dan tentunya mengurangi bau nafas tidak sedap.

Caranya mudah saja, kalian hanya perlu kumur selama 5-10 menit setelahnya gosok gigi kalian seperti biasa. Ayo lakukan, tunggu apalagi!

5. Jangan merokok saat sahur

Untuk kalian yang terbiasa merokok di waktu sahur, kalian harus meninggalkan kebiasaan ini. Selain tidak baik bagi tubuh, tembakau pada rokok juga dapat menyebabkan bau mulut. Hal ini dikarenakan rokok dapat meningkatkan risiko masalah pada gusi kalian, yang akibatnya menyebabkan bau mulut kalian menjadi tidak sedap.

Nah, itulah lima cara untuk mencegah bau mulut saat puasa. Untuk kalian, yuk coba dan buktikan.