Home Parenting 5 Langkah Awasi Anak Main Internet

5 Langkah Awasi Anak Main Internet

60

Majalahayah.com, Konten negatif di internet kerap menjadi perhatian orang tua di internet. Berdasarkan laporan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) selama periode Januari 2018 hingga Juni 2019, terdapat 1.091.557 situs negatif yang diblokir.

Hampir 90 persen situs yang diblokir merupakan situs pornografi (964.167 situs), disusul oleh situs perjudian (117.700). Pada peringkat ketiga ada situs penipuan (7.626).

Untuk melindungi anak dari konten negatif ini, berikut lima aplikasi agar orang tua bisa mengadopsi teknologi secara bijak dan aman dalam keluarga.

  1. 1. Gunakan aplikasi Family Link

Family Link bisa digunakan untuk memahami aktivitas anak saat menjelajahi internet. Orang tua bisa membatasi anak-anak dengan menggunakan beberapa fitur di Family Link.

Fitur-fitur tersebut adalah:

  • Mengawasi waktu penggunaan perangkat dan membatasi akses harian. Pembatasan Akses harian berguna apabila anak telah melanggar ‘perjanjian’ penggunaan perangkat.
  • Mengunci perangkat anak dari jarak jauh.
  • Melihat aktivitas anak.
  • Melihat lokasi anak.
  • Mengelola akun dan aplikasi yang digunakan.

Hal ini berguna untuk menjaga anak dari aplikasi yang tidak cocok untuk anak dan untuk menjaga privasi data dari aplikasi bodong.

  1. 2. Periksa rating dan batasan usia di Google Play dan App Store

Orang tua disarankan membaca ulasan dan mencari ikon bintang keluarga di aplikasi atau game untuk menentukan konten yang cocok bagi anak.

Ikon bintang menandakan bahwa konten telah ditinjau agar cocok untuk anak-anak. Aplikasi atau game tersebut dikembangkan agar layak digunakan oleh anak-anak. Ikon bintang ini juga menampilkan rentang usia yang disarankan untuk konten tersebut.

Periksalah rating konten untuk memahami tingkat kedewasaan suatu aplikasi dan mengatur filter berdasarkan rating tersebut. Hal ini dilakukan untuk menentukan aplikasi yang tepat bagi anak.