Majalahayah.com, Jakarta – Wisata murah bahkan gratis di Jakarta? Memangnya ada? Kan, tidak ada yang gratis di Jakarta. Makan, minum bahkan sekadar buang air kecil mau pun besar, semua ada harganya. Jika kamu beranggapan demikian, berarti kamu belum mengenal Jakarta secara keseluruhan.

Faktanya, tidak sedikit hal-hal yang bisa didapatkan dengan murah, bahkan cuma-cuma alias gratis. Hal ini juga berlaku untuk wisata di Jakarta, lho. Yup, meski untuk masuk ke Taman Mini Indonesia Indah, atau Ancol dan Dufan, kamu harus mengeluarkan uang untuk bisa sekadar masuk ke lokasi, ada sejumlah tempat wisata di Jakarta, di mana kamu bisa masuk dan bersenang-senang di dalamnya tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

Tertarik liburan dan wisata murah di Jakarta bersama anggota keluarga atau teman-teman kamu di akhir pekan ini, simak daftar sejumlah tempat yang asyik, itu di sini.

1. Kebun Binatang Ragunan

Jangan merasa awkward kalau kamu dan temanmu ke kebun binatang untuk bersenang-senang. Kalian masih bisa tetap merasakan keseruannya kok. Asal kamu tahu aja di kebun binatang Ragunan ini ada 2000 lebih jenis satwa, pasti kamu banyak yang belum kenal deh. Belum lagi di sini rindang banget lho karena banyak pohon-pohon besar. Kamu bisa ngobrol-ngobrol lucu bareng temanmu tanpa kepanasan. Gimana seru kan? Tenang saja tiket masuk kebun binatang Ragunan cuma 4.000 rupiah doang.

Hal Seru yang Bisa Dilakukan di Kebun Binatang Ragunan

Kira-kira hal apa aja yang bisa kita lakukan di kebun binatang ini, ya? Kalau kamu masih bertanya-tanya, coba deh simak informasi berikut.

Fasilitas Kebun Binatang Ragunan Jakarta yang ada saat ini memang ditujukan khusus untuk memuaskan para pengunjung. Seperti yang akan dijelaskan berikut ini.

Mengenal Jenis Jenis Primata dan Menonton Film Dokumenter di Pusat Primata Schumtzer

Tempat ini merupakan salah satu pusat primata berkelas internasional yang ada di Indonesia. Pusat Primata ini memiliki peranan sebagai tempat konservasi primata Indonesia sekaligus tempat untuk mengetahui segala informasi mengenai primata.

Bisa dibilang lokasi ini merupakan tempat andalan dari Kebun Binatang Ragunan Jakarta. Berbagai jenis primata bisa kamu temukan di sini, mulai dari orang utan, gorila, simpanse, dan jenis primata langka lain yang berasal dari Indonesia maupun luar negeri.

2. Taman Situ Lembang

Nah kalau Taman Suropati lagi rame banget, kamu bisa melipir ke Taman Situ Lembang yang masih dalam satu kawasan Menteng. Suasananya yang asri ditambah dengan banyaknya danau buatan membuat makin segar di tengah panasnya Jakarta. Cocok deh buat ngobrol dengan temanmu selagi bertukar bekal makanan.

Wisata Taman Situ Lembang di Menteng DKI Jakarta Pusat Jakarta merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Jakarta Pusat juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Wisata Taman Situ Lembang di Menteng DKI Jakarta Pusat Jakarta ini terdapat danau yang luas ditengah-tengah taman. Didalam danau-danau tersebut terdapat bunga-bunga teratai cantik yang menjadi cirri khas taman ini. Uniknya ditengah-tengah danau tadi terdapat air mancur yang exotis membuat kita terpana. Terlihat jogging track rapi mengelilingi danau dengan luas lahan mencapai 11.150 m2, bisa untuk olah raga lari atau jalan santai di pagi dan sore hari.

Tempat wisata keluarga yang merupakan ruang terbuka hijau ini merupakan salah satu taman tertua di Kota Jakarta. Air danaunya kabarnya berasal dari sumber air alam sehingga relatif bersih. Terlihat

danau yang berbentuk nyaris oval dengan air tengah memancur tinggi di tengahnya. Tidak lagi terlihat ada pedagang kaki lima yang memiliki pangkalan di tepian danau. Yang terlihat adalah dua atau tiga pedagang makanan keliling yang tidak menetap lama di satu titik.

Kawasan ini memang terbuka untuk siapa saja, dan gratis. Memancing ikan pun juga gratis. Jika tidak ingin mengeluarkan uang sepeser pun ketika di sana, pengunjung juga bisa membawa minuman dan makanan dari rumah mereka sendiri. Tak ada larangan untuk itu. Larangan buang sampah sembarangan yang ada. Karena hawa sejuk diantara teduhnya pohon dan sejuknya di dekat danau membuat betah pengunjung.

3. Planetarium Taman Ismail Marzuki

Mau hangout dengan teman yang beda? Main aja ke Planetarium Taman Ismail Marzuki yang terletak di Jl Cikini Raya nomor 73 di Menteng Jakarta. Kamu bisa merasakan pemandangan langit tanpa perlu menunggu malam. Tenang saja, tiketnya cuma 7.500 rupiah saja!

Wisata Planetarium dan Observatorium di DKI Jakarta Pusat Jakarta adalah tempat yang paling pas untuk mengajak anak-anak menikmati taburan bintang, kilasan meteor, planet, satelit dan titik-titik rasi bintang yang mungkin selama ini telah mereka kenal nama-namanya. Pengunjung akan dibawa ke suasana langit lepas di malam hari, sebuah suasana yang  langka untuk dinikmati oleh warga sebuah kota metropolitan.

Selain menyenangkan, Planetarium adalah salah satu obyek wisata pendidikan dengan harga tiket yang relative murah dibandingkan dengan manfaat yang di dapat yang tak ternilai harganya. Memang terkadang di sela-sela pertunjukan sering terdengar suara anak menangis karena mungkin takut gelap, namun begitu sampai pada bagian pertunjukan bintang-bintang yang bertaburan di seluruh penjuru langit Planetarium, biasanya tangis anak-anak akan berhenti dan mulai dapat menikmati suasana.

Selain teater bintang, Planetarium dan Observatorium Jakarta memiliki Ruang Pameran dan tempat untuk peneropongan benda langit yang disebut dengan Observatorium. Tempat peneropongan ini digunakaan untuk melakukan pengamatan benda-benda langit secara langsung melalui teleskop.

Hasil observasi atau pengamatan melalui teleskop ini dapat memberikan informasi tentang benda-benda atau fenomena langit yang masih bisa diamati di kota Jakarta.

Dari ruang tunggu, menuju ’Lorong Astronomi’ yang beratap melengkung. Dinding kanan dan kiri memanjang bagaikan lorong goa mempertunjukan 12 lukisan kaca berupa rasi bintang yang umumnya sering dihubungkan dengan pernik nasib manusia.

Lainnya, Ruang Pameran atau Museum yang dulu hanya diisi beberapa buah koleksi benda angkasa seperti pecahan batu meteor dll, sekarang dirubah menjadi ruang pameran yang  nyaman dan menyenangkan.

4. Setu Babakan

Wisata Setu Babakan di Srengseng DKI Jakarta Selatan Jakarta adalah sebuah danau buatan yang dijadikan tempat wisata oleh warga setempat. Sebenarnya fungsi utama dari danau ini bukanlah untuk destinasi wisata.

Pada awal pembangunanya, danau ini berfungsi sebagai penampung air resapan, tetapi seiring berjalannya waktu, danau ini kemudian berfungsi sebagai pusat pelestarian warisan budaya Jakarta yang umum disebut dengan perkampungan Budaya Betawi.

Yang diresmikan oleh Bapak Sutiyoso yang pada saat itu menjabat sebagai Gubernur, yaitu pada tanggal 18 agustus tahun 2000. Air di dalam danau Setu Babakan berasal dari Sungai Ciliwung, danau ini memiliki kedalaman 1 hingga 5 meter dengan luas 30 hektar.

Di sekeliling danau dapat dijumpai berbagai macam tanaman dan tumbuhan buah buahan antara lain Rambutan, Mangga, Pandan, Palem, Jamblang, Melinjo, dll.

Ada satu wahana yang unik di danau ini, yaitu perahu Angsa. Perahu Angsa adalah perahu dengan bentuk replika seekor Angsa atau Bebek. Nah, perahu ini disewakan untuk wisatawan yang ingin berkeliling di tengah danau.

Perahu ini bisa digunakan berdua secara berpasangan. Harga sewa perahu Angsa ini relatif murah, yaitu hanya berkisar Rp. 5.000+- per orang.

Di sekitar danau juga banyak penjual yang menawarkan berbagai macam makanan dan minuman. Makanan yang umum di jajakan di danau Setu Babakan yaitu makanan khas betawi diantaranya Arum Manis, Kerak Telor, Toge Goreng, Nasi Uduk, Rujak Bebek, Nasi Ulam, dll. Sedangkan minuman yang umum di jajakan di Setu Babakan yaitu Bir Pletok, Es Potong, Es Duren, dll.