4 Cara Efektif Anak Tak Keseringan Minta Gendong

4 Cara Efektif Anak Tak Keseringan Minta Gendong

91
0
SHARE

Majalahayah.com, Jakarta – Aktifitas menggendong memang jadi hal yang sangat menenangkan bagi anak. Mereka merasa nyaman dan hangat dalam dekapan ayah atau ibu dan merasa aman serta nyaman. Namun ada kalanya, si kecil selalu meminta gendong.

Padahal sudah ada stroller dan bisa berjalan dengan lancar. Mengatasi anak yang minta gendong terus memang tak bisa instan.

Anak butuh waktu untuk beradaptasi dan ibu memang harus bersabar. Berikut adalah tips yang bisa dicoba agar anak tak ketergantungan minta gendong terus.

1. Kurangi frekuensi
Hal pertama yang bisa dilakukan, cobalah untuk mengurangi frekuensi menggendong si kecil. Ibu bisa mencoba menggunakan stroller untuk mengajak anak jalan-jalan. Jadi tak selalu harus menggendongnya.

2. Tetap kontak fisik
Anak biasanya menangis dan akan diam saat digendong. Ini jadi salah satu penyebab si kecil tak mau diam jika tak digendong. Padahal ada banyak cara untuk menenangkan anak saat ia sedih, gelisah, atau takut. Ibu bisa memeluk dan mengusap kepala si kecil. Tak perlu menggendongnya. Lama-kelamaan si kecil pun akan terbiasa dan belajar untuk tak selalu digendong oleh ibu 

3. Gendongan hanya untuk adik bayi

Saat si kecil sudah beranjak makin besar, ibu harus selalu mengingatkan bahwa gendongan hanya untuk bayi dan anak yang masih kecil. Jika sudah besar, si kecil harus mandiri dan berjalan sendiri. Bisa juga membelikannya sepatu menyala atau berbunyi agar ia jadi lebih suka berjalan.

4. Ingatkan pengasuh
Ibu juga disarankan untuk memberi tahu keluarga atau pengasuh agar si kecil tak dibiasakan untuk selalu digendong. Ini akan melatih si kecil untuk lebih mandiri dan tidak merengak minta digendong.

LEAVE A REPLY