Home Parenting 4 Aspek Penting Tumbuh Kembang Anak Ala Najelaa Shihab

4 Aspek Penting Tumbuh Kembang Anak Ala Najelaa Shihab

68

Majalahayah.com, Jakarta – Tumbuh kembang setiap anak jelas berbeda. Pada prinsipnya banyak faktor yang mempengaruhi, seperti lingkungan dan turunan karakter dari orangtua.

Memahami bahwa perkembangan anak berarti sensitif pada kebutuhan anak, Najelaa Shihab sebagai Pegiat Pendidikan dan Keluarga katakan menerima tingkahlaku anak tentu menjadi keunikan tersendiri dan penting bagi orangtua, keluarga serta lingkungan bisa bersikap positif dalam meresponnya.

“Aspek perkembangan anak yang perlu orangtua perhatikan adalah aspek sosial-emosi, aspek kognitif, aspek fisik, serta Bahasa,” tulis Najelaa dalam buku Keluarga Kita.

Ia jelaskan, aspek sosial dan emosi meliputi hal yang dirasakan tentang diri anak seperti hubungan dengan pengasuhan, orang lain, kelompok serta pemahaman dan manajemen emosi.

“Begitu pula dengan aspek kognitif. Ini adalah proses pembentukan pola berpikir sejak lahir hingga dewasa yang meliputi kemampuan mengingat dan belajar, memecahkan masalah, dan membuat keputusan,” jelasnya.

Aspek fisikpun demikian tak kalah penting, sambung Najelaa lahirnya proses perkembangan motoric kasar dan halus sudah ada sejak lahir dan berkembang sampai dewasa.

“Aspek fisik itu meliputi kontrol, koordinasi, keseimbangan dan kekuatan tubuh serta otot, sedangkan aspek Bahasa meliputi kemampuan komunikasi lisan, mendengar, dan berbicara, juga komunikasi tertulis dalam menulis dan membaca, juga komunikasi dalam mempresentasikan ide dengan beragam media,” tandasnya.