Home Kabar 3 Tahun Pemerintah Jokowi, Fadli Zon : Indeks Demokrasi Indonesia Menurun

3 Tahun Pemerintah Jokowi, Fadli Zon : Indeks Demokrasi Indonesia Menurun

199
Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon, sumber: wikimedia.org

Majalahayah.com, Jakarta – Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon menilai selama tiga tahun pemerintah Joko Widodo (Jokowi) Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) terus menurun. Hal ini terlihat dari statistik setelah kepemimpinan Presiden Jokowi pada tahun 2014 silam.

“Pada tahun 2014, IDI masih di angka 73,04. Angka itu terus turun mnjd 72,82 (2015), dan turun lagi jadi 70,09 (2016),” jelasnya melalui akun Twitter pribadinya di @fadlizon, Jum’at (20/10/2017).

Menurut catatan BPS, penurunan IDI pada 2016 disumbang oleh turunnya 3 aspek demokrasi. Tiga hal itu menjadi ukuran aspek demokrasi, yaitu kebebasan sipil, hak-hak politik, dan lembaga-lembaga demokrasi.

“Kita bisa melihat sendiri fakta turunnya kebebasan sipil dan hak-hak demokrasi itu, jika ada yang memprotes kenapa ulama dikriminalisasi, demonstrasi dipersulit, media sosial dikontrol. Semuanya adalah tanda jika pemerintah kita cenderung kembali represif dan otoriter,” urainya.

Sementara itu baginya penerbitan Perppu Ormas akan mengancam lembaga demokrasi. Karena dirinya menegaskan Partai Gerindra akan menolak Perppu Ormas tersebut.

“Perppu itu jangan hnya dilihat vis a vis ormas yang dianggap anti Pancasila, namun dilihat Perppu tersebut memberi pemerintah kewenangan sepihak,” tegasnya.

Dirinya pun meminta komitmen pemerintah menjaga nilai demokrasi. Karena bagi politikus Partai Gerindra itu pemerintah seharusnya tidak melewati proses hukum yang ada.

“Jadi tak bisa proses hukum digergaji hanya demi kepentingan rezim yang berkuasa,” pungkasnya.