Majalahayah.com, Jakarta – Walau belum merata dan rutin, hujan sudah mulai turun di sejumlah wilayah di Indonesia. Sebagian orang menganggap hujan mengganggu dan menghambat aktivitas sehari-hari. Namun, pada dasarnya air hujan adalah berkah, termasuk untuk memenuhi kebutuhan di rumah.

Ada beberapa manfaat air hujan untuk keperluan sehari-hari di rumah tangga. Anda bisa mulai memanfaatkannya dengan menampung air hujan yang jatuh langsung dari langit. Simak tiga manfaat air hujan untuk kebutuhan rumah yang dirangkum Dekoruma berikut.

1) Air Hujan untuk Dikonsumsi

Mungkin Anda berpikir bahwa air hujan itu kotor dan tidak baik untuk dikonsumsi. Namun, sebenarnya air hujan itu baik untuk dikonsumsi. Air hujan memiliki kandungan pH yang aman untuk dikonsumsi.

Meski begitu, bukan berarti Anda bisa langsung mengonsumsi air hujan. Air hujan tetap harus melalui serangkaian proses hingga akhirnya layak untuk dikonsumsi.

Tampung air hujan dengan wadah yang bersih, kemudian diamkan selama kurang lebih satu jam. Setelah itu, masak air hujan sampai mendidih. Hal ini bertujuan untuk membunuh bakteri yang terkandung di dalamnya. Setelah itu baru bisa dikonsumsi.

2) Air Hujan untuk Kebutuhan Rumah Tangga

Tak hanya untuk dikonsumsi, air hujan juga dapat dimanfaatkan untuk pekerjaan rumah tangga, seperti mencuci piring, mencuci pakaian, dan membersihkan lantai. Hal ini dapat jadi pilihan yang efektif untuk menghemat air di rumah Anda.

Sama halnya seperti untuk dikonsumsi, air hujan tetap harus melalui serangkaian proses mulai dari menampung, mendiamkan selama satu jam, serta memasak hingga bersih dan steril agar kebersihan rumah tangga Anda tetap terjaga.

3) Air Hujan untuk Menyiram Tanaman

Air hujan yang sudah Anda tampung juga bisa dimanfaatkan untuk menyiram tanaman di kebun atau halaman rumah. Untuk menyiram tanaman menggunakan air hujan, Anda bisa langsung menggunakannya tanpa harus melalui serangkaian proses.

Air hujan dipercaya memiliki kandungan yang sangat baik untuk menutrisi dan menyuburkan tanah pada tanaman. Jika air hujan yang ditampung masih tersisa, Anda dapat memanfaatkannya untuk mencuci kendaraan.

Jadi jangan sia-siakan air hujan begitu saja. Mari mulai manfaatkan air hujan untuk kebutuhan rumah Anda!