Ilustrasi makanan khas Korea Selatan. Sumber zomato.com

Majalahayah.com, Jakarta – Mengenai kuliner yang ada di Korea Selatan, tentu saja ada banyak sekali jenisnya. Namun beberapa kuliner berikut kerap kali muncul dalam tayangan drama korea sehingga tidak asing lagi bagi para pecinta drakor. Bahkan makanan khas negeri ginseng ini dapat kamu temukan di Indonesia.

Bukan hanya soal musik K-POP tetapi saat ini drama korea juga turut menjadi salah satu tontonan yang digemari masyarakat Indonesia. Dari tayangan tersebutlah banyak adegan dimana para pemainnnya menyantap  makanan khas korea yang pada akhirnya berhasil mendapat perhatian di Tanah Air. Nah, ini dia kuliner khas Korea Selatan yang sukses bikin ngiler saat kamu menonton!

Ramyeon

Ramyeon. Sumber pesona.co.id

Ramyeon atau bisa disebut mie instan asal Korea Selatan ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga penggemar K-pop dan drama korea. Meskipun hanya mie instan, ramyeon dapat menjadi istimewa  jika disajikan dengan benar. Apa yang membuatnya istimewa?

Ramyeon dikenal dengan kuah pedasnya, kamu juga bisa memberi tambahan topping berupa telur setengah matang, daun bawang, dan kimchi. Berbagai merk ramyeon sudah tersedia di minimarket maupun supermarket Indonesia. Berbeda dengan cara menyantap mie instan di Indonesia, ramyeon seringkali disantap langsung dari panci kecil berwarna emas. Hal ini dilakukan agar menjaga mie tetap hangat dalam waktu yang cukup lama. Selain itu, tutup panci juga berguna untuk dijadikan wadah saat makan sehingga tidak perlu lagi mengotori perabotan rumah lainnya. Unik sekali bukan.

Tteokbokki

Tteokbokki. Sumber koreanbapsang.com

Tteokbokki (atau lebih mudahnya disebut topokki) merupakan kue beras korea yang dipotong berbentuk silinder. Makanan khas ini digolongkan sebagai cemilannya masyarakat Korea yang cocok disantap sambil berbincang bersama teman. Tteok (tepung beras) yang sudah dipotong ini kemudian dimasak dengan gochujang atau pasta cabai korea hingga saus mengental.

Di Korea, banyak sekali street food yang menjual Tteokbokki. Alasan orang menyukai cemilan ini karena memiki cita rasa yang unik yakni pedas-manis dan tekstur kenyal, serta aroma daun bawang yang kuat. Ditambah lelehan keju diatasnya tentu lebih mantap.

Kimbab

Kimbab. Sumber beautynesia.id

Kimbap memang serupa sekali dengan sushi yang berasal dari negeri Sakura atau Jepang.  Namun kamu akan merasakan perbedaan dari keduanya saat menyantap. Perbedaan utama terletak pada isian gulungan nasi dan rumput laut tersebut. Kimbap biasanya dilengkapi dengan sayur,telur, ikan maupun daging yang telah matang, hal ini berbanding terbalik dengan sushi yang menggunakan bahan-bahan mentah. Maka dari itu, masyarakat korea menilai kimbap lebih sehat dikonsumsi.

Kimbap bisa menjadi pilihan kamu untuk bekal makan siang karena cara membuatnya yang simpel dan praktis. Di Korea Selatan sendiri bentuk kimbap tidak hanya irisan seperti gambar diatas, kamu juga dapat menemukan variasi lainnya dalam bentuk segitiga (samgak gimbap).

Di Indonesia, ketiga kuliner khas negeri ginseng tersebut dapat dengan mudah kamu jumpai saat ini. Beberapa restoran di Mall seperti mujigae dan OJJU K-food telah menyediakan menu serupa, untuk makanan instan korea juga tersedia di lotteria dan minimarket terdekat. Bahkan ada masyarakat Indonesia yang berani membuka usaha kuliner korea dan menjual produknya dengan menyesuaikan cita rasa lidah orang Indonesia.

Selama pandemi COVID-19 layanan pesan antar makanan (delivery) bisa menjadi pilihan agar kamu bisa makan enak dan tetap aman dirumah. Jadi tidak perlu jauh-jauh ke Korea Selatan untuk mencicipi kuliner khasnya ya!