Majalahayah.com, Jakarta – Menikah merupakan perjuangan dan perjalanan kehidupan yang baru. Impian mempunyai pasangan suami idaman yang salih merupakan dambaan setiap Muslimah.

Wajar jika seorang Muslimah menentukan calon suami impiannya, namun harus dalam batas wajar dan logis. Tapi carilah orang yang baik agama dan akhlaknya.

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

وقد قال صلى الله عليه وسلم: ” إذا جاءكم من ترضون دينه وخلقه فزوجوه إلا تفعلوه تكن فتنة في الأرض وفساد كبير” رواه الترمذي وغيره.

Artinya: “Apabila datang kepada kalian seorang pemuda yang kalian sukai agama dan akhlaknya, maka nikahkanlah dia dengan putri kalian. Kalau tidak, akan terjadi fitnah (bencana) dan kerusakan yang besar di muka bumi.” (HR At-Tirmidzi)

Berikut 3 kriteria calon suami idaman berdasarkan ajaran Islam, seperti dikutip dari About Islam, Minggu (28/6/2020).

1. Karakter yang baik

Tolok ukur karakter seorang pria yaitu bagaimana memperlakukan keluarganya sendiri, atau bahkan memperlakukan seseorang secara adil dan dengan rasa hormat.

Lalu bagaimana saling berinteraksi dengan banyak orang, harus selalu baik dan memberikan empatinya. Kemudian selalu berlaku jujur.

2. Bertanggung jawab

Seorang calon suami wajib memiliki sifat bertanggung jawab. Ia berkomitmen memberikan nafkah lahir dan batin kepada keluarganya.

Istri serta anaknya kelak tidak akan dibiarkan telantar atau dalam keadaan kesusahan. Inilah calon suami yang baik menurut ajaran Islam

3.Daya Tarik

Seorang ahli hukum Islam yang terkenal, Ibn Abidin, mengatakan, “Seseorang seharusnya tidak menikahi anak wanitanya dengan lelaki tua atau jelek, tetapi dia harus menikahinya dengan yang serupa.”

Wanita yang menikah dengan suami idamannya akan merasakan perjalanan rumah tangga yang baik. Beban hidup akan bisa diminimasilasi.