Home Parenting 13 Film Inspiratif dan Memotivasi tentang Ayah dan Anak

13 Film Inspiratif dan Memotivasi tentang Ayah dan Anak

24895
Cuplikan Film "Miracle in Cell No 7" Sumber https://www.fnastybiteofreality.wordpress.com

Majalahayah.com, Jakarta – Film merupakan media komunikasi yang bersifat audio visual untuk menyampaikan pesan kepada penonton. Bagi banyak orang film bukan hanya sekedar hiburan, tapi juga untuk bahan renungan, inspirasi dan motivasi.

Film bertemakan ayah dan anak banyak sekali diminati orang karena ayah adalah sosok yang sering kali diidolakan oleh anak dalam film.

Berikut adalah film-film inspiratif bertajuk kisah ayah dan anak:

1. The Kid (1921)

Film “The Kid” (1921). Sumber www.youtube.com

Film yang dibintangi Charlie Chaplin ini mengisahkan  tentang seorang tukang kaca yang sangat miskin yang pada suatu hari menemukan seorang bayi. Walaupun miskin ia merasa kasihan pada anak tersebut dan mengadopsinya hingga besar. Semua berjalan baik-baik saja dan mereka hidup bahagia hingga orang tua kandung dari anak tersebut datang dan mengubah kebahagiaan mereka. Film ini disutradarai, ditulis, dan dibintangi oleh Charlie Chaplin.

2. Paris,Texas (1984)

Film “Paris,Texas” (1984). Sumber www.youtube.com

Disepanjang film penonton disuguhi upaya keras seorang ayah sekaligus suami melawan amnesia, mencari-cari kepingan masa lalu yang tercecer, menyusun ulang sembari berharap bisa kembali utuh seperti semula. Saat kenangan itu mulai tersusun ia menjemput anaknya di sekolah yang selama ini diasuh oleh paman dan bibinya. Mereka berdua pun memutuskan untuk mencari sang ibu, pencarian itupun menjadi petualangan antara ayah dan anak yang sangat seru. Hubungan ayah dan anak ini berawal dengan sangat canggung dan berakhir dengan sangat haru. Film tersebut disutradarai oleh Wim Wenders dan ditulis oleh Sam Shepard.

3. Parenthood (1989)

Film “Parenthood” (1989). Sumber www.youtube.com

Memiliki anak yang sangat lamban dan tidak disiplin  membuat seorang ayah yang perfeksionis ini stres berat. Keadaan pun bertambah parah ketika keponakannya yang masih remaja hamil diluar nikah. Semua kekacauan yang tersaji dalam film ini dibungkus dengan sangat rapi oleh Ron Howard dan ditulis oleh Lowell Ganz. Film bernuansa komedi ini sangat layak untuk ditonton.

4. Life is Beautiful (1997)

Film “Life is Beautiful” (1997). Sumber www.youtuube.com

Film tentang seorang pria yang menjalani hidup dengan sangat santai. Dengan selalu berfikir positif ia bertemu pujaan hatinya, menikah dan dikaruniai satu orang anak. Mereka bertiga hidup bahagia hingga perang dunia kedua memisahkan mereka dari ibunya. Tentara Nazi dikenal sangat kejam dalam film ini. Disutradarai oleh Roberto Benigni dan ditulis oleh Vincenzo Cerami.

5. Finding Nemo (2003)

Film “Finding Nemo” (2003). Sumber www.youtube.com

Film Animasi yang berkisah tentang seekor ikan badut yang trauma karena kematian istrinya sehingga over protektif pada anaknya . Seekor anak badut itupun menentang ayahnya yang protektif dan ingin membuktikan bahwa hidup di laut itu tidak berbahaya. Namun ternyata kedatangan manusia kelaut mengubah cara pandang sang anak. ada beberapa penyelam yang membawa seekor anak ikan badut itu ke Sydney. Sang ayahpun mencari jejak penyelam tersebut dan menyelamatkan anaknya. Film ini disturadarai oleh Andrew Stanton dan ditulis oleh Bob Peterson.

Film ini mengigatkan bahwa keberadaan hal-hal materialistis bukanlah syarat utama untuk bahagia. Bagaimana seorang ayah melihat tidur nyenyak anak-anak dan menemukan damai yang dalam. Saya sadar kemudian, bahwa dalam keadaan apapun, yang kita butuhkan untuk merasa bahagia adalah rasa syukur.

6. The Pursuit of Happyness (2006)

Film “The Pursuit of Happyness” (2006). Sumber www.youtube.com

Film ini menceritakan perjuangan sang ayah tunawisma yang ke mana-mana harus membawa serta putranya yang masih berusia 5 tahun. Scene tertragis dalam film ini adalah ketika sang ayah tunawisma harus mengajak putranya tidur di kamar mandi umum dengan beralaskan tisu toilet. Tangis saya pecah sepecah-pecahnya saat melihat Christopher yang tidur dengan nyenyak di pangkuan ayahnya, sedangkan ayahnya terus terjaga untuk menahan pintu jika sewaktu-waktu ada yang menggedor dari luar. Akan tetapi lagi-lagi, sudut pandang seorang ayah memang unik.

7. I’m Not Stupid Too (2006)

Film “I’m Not Stupid Too” (2006). Sumber www.youtube.com

Film Singapura ini bercerita tentang tiga orang anak yang memiliki hubungan buruk dengan orangtua mereka. Tom Yeo 15 tahun dan Jerry Yeo 8 tahun adalah kakak beradik. Mereka tak pernah ada kesempatan untuk berbicara dengan kedua orangtuanya. Ibu mereka bekerja disebuah redaksi majalah terkenal dan ayahnya seorang karyawan di perusahaan gadget ternama. Mereka tak pernah di beri kesempatan untuk mengutarakan pikirannya, setiap hari sebelum sarapan mereka diberi petuah yang bertubi-tubi dan tak diperbolehkan untuk menanggapi ataupun membela diri.

Film ini mengingatkan agar lebih fokus terhadap bakat anak akan lebih bermanfaat daripada hanya fokus terhadap kelemahannya. Itulah kunci yang sangat simpel dalam menghargai anak, namun tak banyak orang tua mampu mengaplikasikannya.
8. Like Stars On Earth (2007)
Film “Like Stars On Earth” (2007). Sumber www.youtube.com

Film India ini mengisahkan seorang anak yang berbeda dengan anak-anak normal lainnya. Anak istimewa ini memiliki kakak yang sangat berbakat dalam berbagai bidang dan hal tersebut malah membuatnya sangat tertekan karena selalu dibanding-bandingkan dengan kakaknya. Ditambah lagi cara sang ayah yang mendidik dengan keras membuat sang anak nyaris depresi. Anak istimewa itupun dipindahkan dari sekolahnya kesekolah yang sangat jauh dari keluarganya. Tapi ia bertemu seorang guru yang mendidiknya dengan benar. Dan saat pembagian rapot anak istimewa tersebut memukau seluruh keluarganya. Film ini disutradarai oleh Amir Khan dan ditulis oleh Amole Gupte.

9. Usagi Drop (2011)

Film “Usagi Drop” (2011). Sumber www.youtube.com

Drama dari Negeri Sakura yang diadopsi dari manga Usagi Doroppu (ditulis oleh Yumi Unita) ini menceritakan tentang repotnya menjadi seorang ‘single father’. Konflik dalam film ini mengangkat tentang sulitnya mengatur kehidupan sehari-hari sebagai seorang ayah tunggal dan kehidupannya sebagai pekerja muda yang karirnya sedang menanjak. Digambarkan pula bagaimana kerasnya usaha ayah untuk membuat anaknya mengenalnya, mengajarkan anaknya berhenti mengompol, dan agar anak tetap mendapat pendidikan. Perjuangan yang sempat membuatnya hampir putus asa.

Perjuangan yang membuat kita melihat, bahwa jika mau berusaha dengan maksimal, seorang ayah pun bisa menyeimbangkan kehidupan pekerjaan dan keluarganya.

10. Real Steel (2011)

Film “Real Steel” (2011). Sumber www.youtube.com

Boxing antar manusia sudah membosankan kala itu. Tibalah era boxing robot untuk pertarungan yang lebih hebat. Sang ayah adalah mantan petinju yang memiliki banyak hutang karena sering kalah taruhan, dan sang anak genius yang bisa memperbaiki robot rusak berkolaborasi dan menciptakan robot tak terkalahkan, meski robot itu adalah robot bekas yang ditemukan dalam gudang. Film ini disutradarai oleh Shawn Levy.

11. Miracle i Cell no 7 (2013)

Film “Miracle in Cell No 7” (2013). Sumber www.youtube.com

Film Korea Selatan tahun 2013 memiliki genre komedi drama, seorang ayah (Ryu Seung-Ryong) yang memiliki kecacatan mental difitnah memperkosa dan membunuh seorang anak kepala polisi. dan anaknya (Kal So-Won) berusaha belajar hingga besar dan menjadi pengacara untuk ayahnya. Dalam penjara sang ayah selalu ditolong oleh teman temannya di sel untuk membawa masuk anaknya kedalam sel secara diam-diam. Film yang disutradarai dan ditulis oleh Lee Hwan-Kyung ini menjadi sangat haru setelah tau bahwa sang ayah telah dihukum mati.

12. Boyhood (2014)

Film “Boyhood” (2014). Sumber www.youtube.com

Film yang dibuat sangat lama ini berkisah tentang kehidupan seorang anak laki-laki dari TK hingga lulus SMA. Agar mendapatkan penuaan yang real Richard Linklater memproduksi film ini selama 12 tahun. Penonton akan disajikan momen-momen dramatis dalam hidup  sang anak, terutama momen kebersamaan dengan ayahnya. Film yang disutradarai dan ditulis oleh Richard Linklater ini sangat menarik untuk diikuti kisahnya.

13. Sabtu bersama Bapak (2016)

Film “Sabtu bersama Bapak” (2016). Sumber www.youtube.com

Mengisahkan seorang ayah yang mengetahui bahwa hidupnya tak akan lama lagi karena mengidap penyakit parah, sementara kedua anaknya masih kecil. Sang ayah merekam beberapa Video yang berisikan pesan-pesan kepada anak-anaknya. Dan video tersebut hanya diputarkan oleh ibunya setiap hari sabtu. Film ini disutradarai oleh Monty Tiwa dan ditulis oleh Adhitya Mulya.

Dari sekian banyak film tentang ayah dan anak, film-film di atas sangat mewakili hubungan antara ayah dan anak dengan berbagai karakter.