Majalahayah.com, Jakarta – 1.609 orang pendaftar Bawaslu Provinsi di 25 provinsi dinyatakan lolos seleksi administrasi. Para peserta tersebut akan menjalani tes tertulis dengan alat bantu komputer (computer assisted test/CAT) secara serentak, Rabu (9/8/2017) di provinsi masing-masing.

“Setelah dilakukan seleksi administrasi, sebanyak 1.609 orang peserta, terdiri dari 1.349 orang laki-laki dan 260 orang perempuan ditetapkan lulus seleksi administrasi dan akan menjalani tes tertulis besok Tes diselenggarakan dengan sistem CA ,” ujar Ketua Bawaslu Abhan dalam keterangan persnya, Selasa (8/8/2017).

Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia dan Organisasi Bawaslu itu menuturkan, penggunaan CAT bertujuan untuk mendapatkan hasil ujian yang transparan, obyektif dan akuntabel. Selain itu, katanya, peserta seleksi dapat langsung mengetahui hasil karena proses pemeriksaan dan penilaian berlangsung dengan cepat. Sistem CAT juga untuk menciptakan standar hasil ujian. Dengan sistem komputer ini juga, proses seleksi bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme.

Abhan menyampaikan, untuk menyelenggarakan CAT, Bawaslu bekerja sama dengan instansi pemerintah yang memiliki perangkat dan infrastruktur pelaksanaan CAT.

Sekretaris Jenderal Bawaslu Gunawan Suswantoro mengatakan, animo masyarakat untuk mengawasi Pilkada dan Pemilu mulai meningkat. Hal itu terbukti dari banyaknya pendaftar seleksi anggota Bawaslu Provinsi maupun Panwas Kabupaten/Kota. ”Sahabat Bawaslu langsung yang berinisiatif mendaftarkan dirinya,” kata Gunawan pada kesempatan lain.

Bawaslu menyelenggarakan seleksi 25 Bawaslu Provinsi yang akan berakhir masa jabatannya pada 20 September 2017. Peserta yang lolos menjalani tes tertulis akan menjalani tes kesehatan dan tes kejiwaan atau psikologi.

Selanjutnya, tim seleksi Bawaslu Provinsi di masing-masing daerah harus menghasilkan minimal 12 orang dan paling banyak 24 orang untuk menjalani tes wawancara dan tes kesehatan dan kejiwaan lanjutan. Dari 12 hingga 24 orang peserta itu, Tim Seleksi akan menyaring kembali menjadi enam orang yang akan menjalani uji kepatutan dan kelayakan oleh ketua dan Anggota Bawaslu Rl.

Selain proses seleksi Bawaslu Provinsi, saat ini juga sedang berlangsung proses seleksi Panwas Kabupaten/Kota Seleksi Panwas Kabupaten/Kota sebagian sudah memasuki tahapan uji kelayakan dan kepatutan oleh Bawaslu Provinsi. Panwas di sebagian kabupaten/kota lainnya sudah ditetapkan.

Pelantikan Anggota Panwaslu Kabupaten/Kota terpilih direncanakan dilakukan secara serentak pada 23 atau 24 Agustus 2017. Dengan demikian, pengawasan pelaksanaan Pilkada bagi daerah yang Menyelenggarakan pemilihan gubernur, bupati dan/atau walikota dapat segera dilaksanakan.