DPR RI Dorong Pemerintah Tingkatkan Kemampuan Mitigasi Bencana

DPR RI Dorong Pemerintah Tingkatkan Kemampuan Mitigasi Bencana

74
SHARE
Foto : Bambang Soesatyo, Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI. Sumber www.indopolitika.com

´╗┐Majalahayah.com, Jakarta – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI mendorong pemerintah untuk meningkatkan kemampuan untuk memitigasi bencana yang belakangan kerap melanda berbagai wilayah di Indonesia. Hal itu dilakukan guna meminimalisir jatuhnya korban akibat bencana yang terjadi.

Dalam pembukaan rapat paripurna masa persidangan III tahun 2018-2019, Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyampaikan rasa duka cita kepada para korban bencana yang teejadi di berbagai wilayah di Indonesia. Menurutnya hal itu harus bisa diantisipasi untuk meminimalisir korban.

Baca juga :   Kritik Plt Gubernur Jabar, KIPP : Mendagri Telah Menyalahgunakan Wewenang

“DPR meminta kepada pemerintah untuk terus meningkatkan mitigasi bencana sehingga dapat memperkecil jatuhnya korban jiwa,” kata Bamsoet mengutip dari Okezone, di Ruang Rapat Paripurna DPR, Senayan, Senin (07/01/2019).

Ia mengatakan, mitigasi bencana di Indonesia masih sangat lemah sehingga perlu untuk ditingkatkan. Untuk itu pihaknya mendukung penuh kinerja pemerintah dalam upaya mengantisipasi bencana yang kerap terjadi.

Baca juga :   Tolak Perpanjangan Pansus Hak Angket, F-PAN: Tinggal Rekomendasi Saja

“Harus diakui manajemen bencana kita masih tergolong lemah, early warning system tidak berfungsi dengan baik, sehingga masyarakat tidak mempunyai informasi mengenai bencana yang akan terjadi di wilayahnya,” tuturnya.

Kedepan, kata Bamsoet, pemerintah sudah harus memperhatikan perencanaan pembangunan maupun pengelolaan tata ruang dengan memperhatikan kondisi georgrafis wikayah Indonesia yang berpotensi dilanda bencana.

“Ini merupakan pekerjaan rumah yang besar bagi DPR dan pemerintahan yang akan datang,” tukasnya.